Pencarian

Aku sendiri tidak benar-benar tahu apa hakekat sebenarnya dari sebuah pencarian. Pencarian tentulah cara untuk menemukan. Namun, menemukan apa atau bagaimana itu sendiri tidak ada standar pasti.

Iya. Hanya bisa merasa dan menerka. Tidak ada tanda. Tidak ada kepastian. Semua melalui kepekaan dari indra yang dimiliki. Yakinlah itu hal yang tidak mudah tapi bisa dilewati.

Tentang bagaimana pencarian dihentikan atau dipaksa berhenti pada suatu masa dan tempat. Saat itu tidak pernah bisa tertebak dan dielakan. Jalan utamanya adalah kepasrahan. Meskipun ada jalan memutar lain tetapi jalan akhirnya adalah kepasrahan.

Tentang apa pencarian dilakukan ketika menjalankan dan menemukan mungkinkah sebuah perencanaan yang dipaksakan ataukah takdir Tuhan yang menggerakan. Tidak ada kepastian bahkan dalam kepastian itu sendiri. Sekali lagi jalan utama dan akhir adalah kepasrahan.

Kemudian pencarian dan kepasrahan bersama membentuk pilihan percaya atau berusaha percaya. Kemungkinan lari dan kembali juga di luar batas nalar manusia. Walaupun yang paling hebat adalah tentang penyederhanaan semua kerumitan ini.

Aku masih dalam pencarian. Pencarian tanpa tenggat waktu tapi berpacu dengan waktu. Pencarian dalam ketidaktahuan tapi berusaha percaya dalam perjalanan. Pencarian dalam ketidakmengertian tapi yakin pada bisikan pemberitahuan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EOA GOLD, Investasi Emas Dunia Akhirat

Mengenal Sereal Umbi Garut, Manfaat, dan Cara Mengonsumsi

Unlogic Birth dalam Al Quran