Manfaat QRIS Bagi Konsumen dalam Transaksi Sehari-hari

Manfaat QRIS Bagi Konsumen dalam Transaksi Sehari-hari (Pixabay.com)
Manfaat QRIS bagi konsumen memang sudah bisa dirasakan hari ini. Terlebih dalam melakukan transaksi sehari-hari. QRIS menjadi istilah yang sudah sangat familiar, baik di dunia keuangan maupun perbankan Indonesia.

Anda juga bisa menemukan QRIS hampir di seluruh lokasi. Mulai dari tempat berbelanja, nongkrong, iklan televisi, iklan reklame, hingga beragam jenis toko baik online maupun offline.

Walaupun sudah tidak asing lagi, rupanya masih banyak yang belum mengetahui QRIS dan segala manfaatnya. Bahkan di beberapa kalangan juga masih memiliki pertanyaan terkait penggunaan QRIS dan definisi QRIS itu sendiri.

Tak heran manfaat QRIS bagi konsumen dalam transaksi sehari-hari terus diperbincangkan. Salah satunya melalui artikel berikut ini yang akan mengulas lengkap terkait QRIS. Sehingga Anda bisa ikut merasakan manfaat dari QRIS tersebut.

Pengertian QRIS

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standardisasi pembayaran dengan menerapkan metode QR Code. QR Code dikeluarkan oleh Bank Indonesia bersama dengan ASPI atau Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia.

QRIS tersebut diluncurkan secara resmi pada Agustus 2019. Kemudian QRIS mulai digunakan untuk menyatukan berbagai macam QR dari berbagai PJSP yang juga menggunakan kode QR.

PJSP sendiri merupakan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran, baik berupa lembaga bank maupun non bank. Intinya, QRIS adalah standar nasional yang wajib dimiliki PJSP yang menyediakan kode QR sebagai salah satu opsi dalam pembayaran.

Sedangkan QR Code merupakan suatu kode dalam bentuk matriks dua dimensi. QR Code berisi penanda dengan tiga pola persegi di sudut kiri bawah, sudut kiri atas, dan sudut kanan atas.

Lalu terdapat modul hitam berupa persegi, titik atau piksel, dan memiliki kemampuan untuk menyimpan data alfanumerik, karakter, serta simbol. Alhasil, proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Penggunaan QRIS dalam Transaksi

Manfaat QRIS bagi konsumen diawali dari penggunaan QRIS yang tepat dalam transaksi. QRIS dapat digunakan di semua toko, pedagang, warung, parkir, pembelian tiket, donasi berlogi QRIS, dan di berbagai merchant lain.

QRIS sendiri mampu mengakomodir dua model penggunaan QR Code, yaitu Merchant Presented Mode (MPM) dan Customer Presented Mode (CPM). Meski demikian dalam penggunaannya tetap mengacu pada QRIS yang ditetapkan Bank Indonesia.

Anda yang suka berbelanja menggunakan layanan uang elektronik juga bisa merasakan manfaat dari penggunaan QRIS dalam transaksi. Mulai dari GoPay, OVO, Dana, dan lainnya selama menerapkan kegiatan pemrosesan transaksi QRIS.

Nominal transaksi penggunaan QRIS memiliki batas maksimal yakni sebensar Rp 10 juta untuk setiap transaksi. Hal ini berdasarkan manajemen risiko penerbit yang telah ditetapkan. Walaupun penerbit tetap bisa menetapkan batas nominal kumulatif harian atau bulanan.

Manfaat QRIS dalam Transaksi Sehari-hari

Berikut ini beberapa manfaat penggunaan QRIS dalam transaksi sehari-hari bagi konsumen.

1. Alat pembayaran yang universal

Konsumen bisa memanfaatkan QRIS sebagai alat pembayaran yang universal. Maksudnya, QRIS bisa menerima pembayaran dari beragam jenis aplikasi pembayaran yang menggunakan QR Code. Alhasil, Anda tidak perlu memiliki beraneka macam aplikasi pembayaran.

2. Pembayaran menjadi lebih mudah dilakukan

Manfaat QRIS bagi konsumen selanjutnya yakni membuat transaksi pembayaran menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu membuka aplikasi pembayaran apa saja yang Anda miliki. Lalu klik dan lakukan pembayaran.

3. Menjadi alat pembayaran yang unggul saat ini

QRIS menjadi alat pembayaran yang unggul saat ini. Artinya, Anda bisa menggunakan akun pembayaran QR apa saja untuk membayar. Belum ada alat pembayaran yang mampu memanfaatkan teknologi digital saat ini seperti yang digunakan QRIS.

4. Pembayaran diproses secara langsung

Anda bisa melakukan transaksi pembayaran dengan cepat. Sebab QRIS mampu memproses transaksi pembayaran secara langsung. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama agar transaksi pembayaran berhasil dilakukan. Bahkan Anda bisa menerima notifikasi transaksi dalam sekejap.

5. Tidak perlu menerima kembalian dalam bentuk pecahan uang receh

Anda tidak perlu lagi menerima kembalian dalam bentuk pecahan uang receh saat melakukan pembayaran. Terlebih saat ini, ada banyak pedagang yang tidak selalu menyediakan pecahan uang receh untuk kembalian dalam transaksi.

6. Transaksi pembayaran menjadi semakin aman

Penggunaan QRIS dalam transaksi sudah menggunakan sistem keamanan pembayaran yang mutakhir. Oleh karena itu, Anda akan aman dalam melakukan transaksi pembayaran dengan QRIS. Apalagi, sistem QRIS hanya bisa digunakan oleh pemiliknya sendiri.

7. Catatan pengeluaran lengkap

Manfaat QRIS bagi konsumen lainnya yakni adanya catatan pengeluaran yang lengkap. Anda bisa melihat history transaksi pembayaran untuk mengetahui apa saja pengeluaran yang sudah dilakukan baik dalam periode tertentu maupun seluruh pembayaran.

8. Mengurangi kontak fisik

Mengurangi kontak fisik saat melakukan transaksi memang paling tepat diterapkan ketika terjadi pandemi. Namun, hal ini juga bisa berlaku dalam kondisi apa saja. Sebab, mengurangi kontak fisik juga berarti mengurangi kontak terhadap kuman dan bakteri penyakit yang menempel di uang tunai.

9. Transaksi pembayaran bisa dilakukan secara online

Anda tidak perlu khawatir jika memiliki rutinan sehari-hari yang sibuk dan padat. Anda tetap bisa melakukan transaksi bahkan pembayaran secara online. Anda juga tidak perlu capek keluar rumah dan semua pesanan dalam transaksi bisa sampai dengan selamat.

Selain itu, manfaat QRIS bagi konsumen dalam transaksi sehari-hari yakni tidak perlu repot membawa uang tunai. Sepanjang Anda memiliki aplikasi pembayaran apa saja di ponsel, segala urusan transaksi pembayaran bisa terselesaikan. Ditambah lagi seluruh PJSP penyelenggara QRIS sudah pasti memiliki izin dan diawasi langsung oleh Bank Indonesia. 

Komentar

  1. Makin mudah dengan adanya QRIS, transaksi juga lebih cepat. Tapi belum semua ornag mengenal QRIS ini, utamanya di pedesaan dan pedalaman.

    BalasHapus
  2. Aku kalau belanja kadang suka pakai qris pas uang tunai menipis. Soalnya selain praktis, kadang dapat cashback juga.

    BalasHapus
  3. Wah aku baru tau sih ada namanya QRIS ini. Pun aku pribadi masih belum pakai pembayaran via digital begitu wkwk tapi ini menarik untuk dicoba sih kalau diliat dari mnafaatnyaa juga.

    BalasHapus
  4. Semenjak ada q rish ini membantu banget kalau lagi makan di luar terus didompet gk ada uang cash. Bisa bayar pakai q rish apalagi sekrang sdah banyak banget warung atau rumah makan yang bisa hayar pakai metode ini. Warung jajanan deket rumahku oun bisa bayar pakai q rish.

    BalasHapus
  5. Semakin berkembangnya zaman, segala dipermudah termasuk pembayaran dengan QRIS ini. Tinggal bawa hape aja, capcusss

    BalasHapus
  6. bener banget kak.. qris memang sangat membantu. dan di indonesia termasuk yang terdepan dlm penggunaan qris, lupa pernah baca gimana gitu

    BalasHapus
  7. Saya sudah pernah mendengar tentang Qris ini namun saya pun belum pernah menggunakannya. Sepertinya lebih praktis yaa...next saya coba

    BalasHapus
  8. Saya termasuk yg jarang pakai Qris ini, karena intensitas transaksi online saya juga terbatas. Tapi kalau dilihat-lihat, fungsi Qris ini sangat efektif skli ya kak

    BalasHapus
  9. QRIS memang banyak membantu kok, praktis dan efisien, mau bayar tinggal scanning

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah walau tinggal di desa (yg agak modern karena ada RS tipe A di sini), pedagang sayur pun pakai QRIS. Yang menarik, cara pengucapan QRIS nya betul lo bukan KRIS dia bacanya kkk

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

EOA GOLD, Investasi Emas Dunia Akhirat

Mengenal Sereal Umbi Garut, Manfaat, dan Cara Mengonsumsi

Unlogic Birth dalam Al Quran