Mencicipi Kupang Lontong, Kuliner Khas Jawa Timur di Jaticempaka Pondok Gede

Kupang Lontong
Kupang Lontong menjadi salah satu makanan primadona Jawa Timur. Tepatnya di daerah pesisir Jawa Timur, termasuk Surabaya dan Sidoarjo. Seperti namanya, makanan ini diolah dari bahan dasar makanan utama yakni kupang.

Kupang sendiri merupakan jenis dari kerang putih yang memiliki ukuran kecil sekitar 1 cm. Uniknya, kupang hanya bisa ditemukan di pesisir Jawa Timur seperti Sidoarjo dan Surabaya. Tak heran kupang juga dikenal sebagai makanan khas Surabaya dan Sidoarjo.

Selain itu, makanan ini juga identik dengan bumbu petis. Sehingga Kupang Lontong mempunyai cita rasa yang berbeda dari makanan pada umumnya. Bahkan tambahan berbagai kondimen lain juga meningkatkan nafsu makan nih.

5 Cita Rasa Kelezatan Kupang Lontong

Sebelum mencicipi langsung makanan Kupang Lontong, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu betapa menariknya makanan ini. Yuk, kita berkenalan dengan makanan khas Jawa Timur Kupang Lontong.

1. Kupang sebagai bahan dasar makanan

Sekilas telah disinggung bahwa Kupang Lontong diolah dari bahan dasar Kupang. Sehingga kupang harus diolah dengan sebaik mungkin agar muncul cita rasa kelezatannya. Rebus kupang bersama jahe, daun salam, dan daun jeruk purut.

Tujuannya, agar kupang tidak amis dan memiliki tekstur empuk. Penambahan daun bawang dan beberapa jenis bumbu juga sangat membantu untuk menonjolkan cita rasa dari kupang.

2. Lontong sebagai teman si kupang

Jangan lupa untuk menambahkan lontong sebagai teman si kupang. Sebab, ukuran kupang yang cukup mini akan semakin nikmat disantap bersama potongan lontong. Bahkan pada beberapa rumah makan, penambahan lontong bisa diberikan gratis.

3. Ada lentho jadi kriuk-kriuk

Mungkin lentho juga terdengar agak asing di telinga banyak orang, tapi tanpa lentho apalah artinya Kupang Lontong. Lentho atau perkedel singkong sendiri dibuat dari bahan dasar singkong yang diparut kasar. Kemudian dikepal-kepalkan sebelum digoreng. Jadi ada kriuk-kriuknya deh.

4. Sate kerang dara pembangkit selera

Tak hanya jenis kerang putih kupang yang digunakan, Kupang Lontong juga menggunakan jenis kerang dara. Kali ini, kerang dara diolah bersama bumbu halus yang ditumis. Setelah masak, kerang dara ditusuk seperti sate. Kebayang dong betapa gurih sate kerangnya.

5. Sambal petis, bumbu dari segala rasa

Kelezatan Kupang Lontong juga tersaji dari sambal petis. Sambal petis atau bumbu petis memang sudah teruji merupakan sambal yang sedap khas Jawa Timur. Tak heran sambal petis menjadi bagian penting dari setiap kondimen Kupang Lontong.

Kupang Lontong Lengkap
5 Fakta Menarik dari Kupang Lontong

Di balik kelezatan Kupang Lontong, rupanya ada fakta yang menarik nih! Fakta menarik ini bisa membuat Anda semakin tertarik untuk mencicipi makanan ini. Yuk, simak ulasan apa saja fakta menarik seputar Kupang Lontong berikut ini.

1. Kupang hanya ada di pesisir Jawa Timur

Wajar jika banyak yang tidak mengenal apa itu makanan Kupang Lontong, terlebih tentang kupang. Sebab, kupang memang hanya bisa ditemukan di pesisir Jawa Timur saja. Makanya makanan ini jadi khas sekali.

2. Kupang ditangkap dengan cara unik

Pantaslah jika Kupang Lontong menjadi makanan yang unik. Hal ini lantaran kupang juga ditangkap dengan cara yang unik. Nelayan hanya perlu memakai alat sabit sederhana untuk menyabit rumput atau ganggang hijau yang menjadi tempat menempel kupang.

3. Kupang Lontong yang rasanya nano-nano

Bagaimana jika setiap kondimen dalam makanan Kupang Lontong dimakan bersamaan? Rasanya akan sangat nano-nano seperti ada asam, manis, pedas, dan gurih. Apalagi sesaat sebelum disantap, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis segar.

4. Kupang Lontong disajikan bersama es kelapa muda

Usut punya usut, kelezatan Kupang Lontong akan semakin paripurna jika disajikan bersama es kelapa muda. Pasalnya, kelapa muda mampu menetralisir racun yang mungkin masih tersisa di kupang.

5. Kupang yang kaya nutrisi

Tak lengkap jika kelezatana makanan Kupang Lontong tidak ditampilkan bersama nutrisi yang terkandung di dalamnya. Minimal, kupang mengandung 17 asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Kupang juga mengandung mikronutrien yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kupang Lontong di Jaticempaka Pondok Gede

Pertama kali mendengar makanan bernama Kupang Lontong saja sudah berhasil membuat penasaran. Ditambah informasi yang baru saja Anda baca. Tentu saja semakin membuat kepo untuk bisa langsung mencicipinya.

Beruntung, untuk bisa mencicipi makanan ini, Anda tidak perlu pergi jauh ke Surabaya atau Sidoarjo. Anda bisa langsung mendatangi salah satu rumah makan di Jaticempaka Pondok Gede.

Rumah makan ini menjual Kupang Lontong khas Jawa Timur sebagai menu andalan. Cocok banget untuk mengobati rindu pada makanan lontong kupang. Bahkan setiap kondimen yang disajikan juga sama persis. Jadi semakin penasaran bagaimana rasanya kan!

Ditambah lagi, rumah makan ini juga buka hampir setiap hari. Mulai pukul 11 siang hingga setengah 9 malam. Auto bisa datang kapan saja, khususnya saat tiba-tiba perut terasa lapar dan kerinduan pada makanan khas Jawa Timur ini muncul.

Langsung meluncur untuk menyantap Kupang Lontong di Jalan Anugrah No 5 RT 3 RW 4, Jaticempaka, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi. Tempatnya asik untuk dikunjungi baik bersama teman maupun keluarga. Terlebih harganya sangat terjangkau oleh isi kantong.

Recommended makanan dan tempatnya. Selamat mencicipi juga!

Komentar

  1. Baru denger banget tentang Kupang Lontong ini. Dari review Kak Winda, sepertinya rasanya sangat menggoda untuk dicoba.
    Next kalau jalan-jalan ke Bekasi, harus mampir nih ke Pondok Gede buat nyicipin Kupang Lontongnya

    BalasHapus
  2. Aku orang Jogja asli dan baru pertama mendengar atau membaca kupang lontong ehe. Jadi pengen makan kupang lontong

    BalasHapus
  3. Jadi pengen nyoba kuliner ini. Saya penasaran soalnya baru tahu ada makanan yang bernama kupang lontong. Melihat poto makanannya sepertinya enak yaa...sangat menggoda selera hehe

    BalasHapus
  4. Wahhh aku suka banget segala macam jenis seafood. Dan Kupang ini, aku baru denger namanya. Aduhh jadi laper..

    BalasHapus
  5. Makanannya unik. Khas banget ya makanan Jawa Timur. Aku di Samarinda, kayaknya belum nemu makanan dengan komposisi seperti itu. Apalagi kan yang dibahas itu kupang. Nah penasaran aku apakah kupang sama tudai itu sama. Soalnya, kalau yang tinggal di daerah pesisir Kalimantan Timur (terutama di wilayah Handil), biasanya hobi makan tudai. (Zen)

    BalasHapus
  6. Aku baru dengar ada jenis makanan ini. Kupang pun aku baru tau kalau itu kerang, wkwk. Di sini ada Kupang, tapi lebih ke sebutan untuk sebuah kota atau wilayah yang memang dekat dengan laut.

    Sayang zekali aku snggak suka sama makanan kerang, heuhsu.

    BalasHapus
  7. Ya Allaah baca ini jadi kangeeen banget sama kupang lontong. Udah lama banget ngga makan kupang lontong. kayaknya terakhir sebelum pandemi, jarang banget soalnya jadinya skrg jumpain orang2 jual kupang lontong di sini

    BalasHapus
  8. Penasaran sama rasanya. Hmmm, kayaknya enak apalagi aku penukaran pedas. Udah ngebayangin mungkin mirip sup seafood gitu ya kak?

    BalasHapus
  9. Kupang disajikan hangat dengan level pedes yang menantang, ditambah lontong, terus dinikmati sambil dengerin musik kesayangan rasanya makin nikmat. Paduan kuah dan rasa khas kerangnya bikin lidah terus bergoyang. Di jember ada satu tempat favoritku kalau menikmati kupang

    BalasHapus
  10. Kupang itu sejenis kerang kecil ya kak? Berarti gimana cara mengolahnya? Tidak perlu dikupas dr cangkangnya kah? Kebetulan saya dan teman teman ada tugas menghidangkan makanan khas suatu daerah, cocok jika membawakan makanan ini. Ada resepnya, Kak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

EOA GOLD, Investasi Emas Dunia Akhirat

Mengenal Sereal Umbi Garut, Manfaat, dan Cara Mengonsumsi

Unlogic Birth dalam Al Quran