Misteri Tugu Kali Bekasi

Ketika Bulan Oktober tiba, segeralah bersiap melihat banyak orang asing terutama berkebangsaan Jepang mondar-mandir di Kota Bekasi. Kota yang terkenal sebagai Kota Patriot ini ternyata memiliki kisah tidak terduga. Mereka, orang Jepang, akan mulai menaburkan bunga di beberapa situs bersejarah. Meskipun banyak juga yang menyebutnya sebagai situs-situs angker di Kota Patriot.

Salah satunya adalah di Tugu Kali Bekasi. Tugu Kali Bekasi terletak pada samping sebelah barat jembatan Kali Bekasi di Jalan Ir H Juanda. Bagian bawah Tugu terdapat relief yang menceritakan kisah berdarah di tahun 1945 silam.

Konon katanya pada 19 Oktober 1945 telah terjadi pembantaian terhadap 90 tentara Jepang. Tentara Jepang direncakan akan diterbangkan melalui Bandara di Subang. Namun, ketika kereta yang mereka tumpangi melewati Bekasi, para patriot Indonesia sudah siap menghadang. Pembantaian tidak terelakkan. Mayat-mayat dipenggal kepalanya lalu dibuang langsung di Kali Bekasi. Seketika Kali Bekasi diselimuti darah segar dari tubuh para tentara Jepang.

Hingga kini untuk mengenang kematian para tentara Jepang dilakukan tabur bunga. Tabur bunga ini dimaksudkan agar arwah tentara Jepang bersemayam dengan tenang dan tidak menjadi arwah-arwah penasaran. Tabur bunga dilaksanakan di sekitar Tugu dan di Kali Bekasi.

Saat ini kondisi Tugu Kali Bekasi terbilang memprihatinkan. Banyak rumput-rumput liar cukup tinggi di sekitarnya. Terlebih lagi misteri Tugu yang belum terpecahkan hingga sekarang. Seperti belum diketahui secara pasti kapan Tugu ini dibuat dan diresmikan. Kabar yang diketahui masyarakat setempat hanyalah Tugu ini dibangun atas kerjasama Pemerintah Jepang dengan Pemerintah Kota Bekasi. Semoga kisah sejarah tidak semakin menghilang seiring berjalannya waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EOA GOLD, Investasi Emas Dunia Akhirat

Mengenal Sereal Umbi Garut, Manfaat, dan Cara Mengonsumsi

Unlogic Birth dalam Al Quran