Edukasi Demokrasi

Hari ini negara kami akan mencetak sejarah baru. Sejarah demokrasi yang bersih dan adil. Seluruh mata dunia tertuju pada negara kami hari ini. Demonstrasi yang merupakan perwujudan dari demokrasi sebagai wadah menyalurkan aspirasi hari ini akan digelar. Sejauh mana pencapaian kami sebagai negara yang bermartabat akan dinilai hari ini. Hari ini juga kita akan meyaksikan bahwa Bhineka Tunggal Ika kami tetap kokoh atau sudah hilang bersama matinya para pahlawan kami.

Berbicara tentang demonstrasi, negara kami memang sudah memiliki sejarah yang cukup panjang tentang ini. Sebenarnya, demonstrasi bisa menjadi cukup efektif saat dilakukan dengan tepat. Memang dibutuhkan sekali adanya edukasi demonstrasi untuk mencegah tindakan anarkis atau hal lain yang tidak diinginkan.

Teringat beberapa waktu lalu, saat masih masuk masa orientasi mahasiswa. Salah satu materinya adalah edukasi demonstrasi. Dahulu, saat masih lugu-lugunya masuk dunia perkuliahan, rasanya tidak penting kegiatan seperti ini. Namun, setelah lebih tahu dunia yang lebih luas, ternyata edukasi demonstrasi penting untuk dipelajari, minimal diketahui.

Pertama kali yang harus diketahui oleh orang-orang yang ikut demonstrasi (para demonstran) yaitu permasalahan dan tuntutan apa yang membuat mereka harus berdemonstrasi. Kemudian tata cara berdemonstrasi dengan membuat kaitan tangan satu dengan lainnya. Ada juga pagar betis untuk memisahkan demonstran yang sesungguhnya dengan pihak luar yang hanya ingin memprovokasi dan menjaga agar penjaga keamanan juga tidak bisa sembarangan masuk dalam barisan para demonstran.

Hal-hal kecil seperti itu, memang terlihat sepele. Namun, apabila tidak diketahui, maka demonstrasi yang memiliki tujuan baik dan mulia akan sangat rentan dengan tindak provokasi dari pihak lain. Selain itu, hal-hal seperti ini, sebaiknya memang terus diingatkan terutama sesaat sebelum demonstrasi dilaksanakan.

Semoga hari ini, negara kami mencetak satu lagi sejarah emas yang membuktikan bahwa kami adalah negara yang telah dewasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EOA GOLD, Investasi Emas Dunia Akhirat

Mengenal Sereal Umbi Garut, Manfaat, dan Cara Mengonsumsi

Unlogic Birth dalam Al Quran