Resensi Buku Kontroversi Imunisasi


Judul: Kontroversi Imunisasi
Penulis: Dr. Siti Aisyah Ismail, dkk
Genre: Non-fiksi Kesehatan
Tahun terbit: Cetakan kedua, Desember 2014
Penerbit: Pustaka Al-Kautsar

Saat ini, di masa arus informasi begitu menggila. Akses keterbukaan informasi tanpa batas. Kita justru sering dihadapkan pada informasi yang sulit terverifikasi kebenarannya. Pun termasuk masalah imunisasi.

Banyak informasi yang tidak jelas sumbernya menolak atau mendukung imunisasi tanpa dasar. Berbagai paradoks dalam masyarakat mencuat kian sengit. Terutama bagi kaum muslim, status halal dan haram imunisasi menjadi perdebatan yang tidak ada habisnya.

PROKAMI (Perhimpunan Profesi Kesehatan Muslim Indonesia) atau dalam bahasa inggrisnya IMANI (Islamic Medical Association and Network of Indonesia), terpanggil untuk mengambil tanggung jawab dalam menyuguhkan informasi berupa fakta terkait imunisasi. Dan, juga dirasa perlu mengupas persoalan dan kontroversi yang beredar di masyarakat. Khususnya, dalam menjawab kekhawatiran dan keraguan masyarakat tentang imunisasi.

Buku Kontroversi Imunisasi ditulis oleh para dokter dan ahli kesehatan yang kredibel. Tentu saja dilengkapi dengan pandangan Islam sesuai kaidah fikih yang berlaku. Dokumen-dokumen fatwa dari ulama besar dan institusi fikih yang berwenang ikut dilampirkan dalam buku.

Buku ini disuguhkan dengan menceritakan imunisasi dari sisi manusiawi. Supaya lebih mengena dan terasa relevan dengan memberikan ilustrasi cerita fiksi yang dilanjutkan dengan pemaparan secara ilmiah. Sehingga buku ini sangat tepat menjadi pegangan dan sumber rujukan bagi tenaga kesehatan untuk menjelaskan imunisasi.


Selain itu, buku ini juga patut menjadi bacaan umum karena ditulis dalam bahasa sehari-hari yang mudah dan jelas. Ditambah, pengemasan yang menarik dan sederhana agaknya mampu memikat pembaca untuk terus membaca setiap halamannya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EOA GOLD, Investasi Emas Dunia Akhirat

Mengenal Sereal Umbi Garut, Manfaat, dan Cara Mengonsumsi

Unlogic Birth dalam Al Quran