Ketika Hilangnya Sebuah Etika

Apa itu etika? Pentingkah?

Etika atau perilaku moral itu penting. Sama pentingnya dengan kamu menjaga harga dirimu dan sama pentingnya ketika kamu memperlakukan orang lain. Bagaimana kamu ingin diperlakukan akan sama seperti bagaimana kamu memperlakukan orang lain.

Sadar atau tidak semuanya seperti bercermin, apa yang kamu perlihatkan akan sama dengan apa yang akan kamu lihat. Dan sayangnya, apa yang kamu lihat nyatanya lebih menarik perhatianmu dari pada apa yang kamu perlihatkan.

Pikirkan ini, saat kita dikatakan tidak beretika, kita selalu punya seribu alasan untuk menolak perkataan tersebut. Tapi kita hanya punya satu alasan untuk menerima perkataan tersebut, yaitu dengan 'intropeksi diri'. Kembali luruskan niat untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik lagi, lagi dan lagi.

Karena manusia tiada yang sempurna. Pun tiada bisa memuaskan standar etika semua orang. Salah, lupa sudah lumrahnya manusia. Dan siapapun berhak menegur dan ditegur atas semua itu.

Lalu percayalah ketika ada pihak menyudutkanmu tidak beretika, mungkin dia atau kamu lupa bercermin. Seperti hilangnya mata hati karena kuasa tahta dan harta, etikamu pun bisa hilang karena tidak adanya rasa kebutuhan pada orang lain tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EOA GOLD, Investasi Emas Dunia Akhirat

Mengenal Sereal Umbi Garut, Manfaat, dan Cara Mengonsumsi

Unlogic Birth dalam Al Quran