REVIEW BUKU HITAM PUTIH CINTA REMAJA

Photo by Suzuhiinada


Judul buku      : Hitam Putih Cinta Remaja
Penulis             : Deejay Supriyanto
Penerbit           : Delta Media
Cetakan/hal     : 2013/180 halaman
            Buku Hitam Putih Cinta Remaja merupakan karya solo pertama dari seorang Deejay Supriyanto. Awalnya, penulisan buku ini tidak sengaja diniatkan untuk terbit. Namun, pembahasan menarik dan pesan positif yang sesuai dengan kondisi cinta remaja sekarang, buku ini mendapat kehormatan untuk diterbitkan. Bahkan dijadikan referensi bacaan yang cukup bagus untuk diskusi di kalangan remaja, orang tua dan guru.
            Dunia remaja adalah dunia yang paling unik, di mana usia ini memasuki fase perubahan yang paling sangat menentukan bagi setiap para pelakunya. Kenapa remaja dibilang unik? Ya, remaja pada masa ini adalah sebagai bentuk pencarian jati diri, pencarian, idola dan mempunyai hasrat ingin tahu yang sangat besar terhadap sesuatu. Untuk itulah, buku ini hadir dengan maksud menceritakan hal-hal yang berkaitan dengan cinta.
            Penulis memulai tulisannya dengan membahas serba-serbi cinta. Serba-serbi cinta ini berkaitan dengan teori-teori seputar cinta. Mulai dari arti cinta secara bahasa hingga pandangan Islam tentang cinta. Selanjutnya diuraikan bahwa cinta memiliki peran penting bagi manusia terutama dalam mempengaruhi perilaku sehari-hari. Alhasil, cinta bisa diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu cinta hitam dan cinta putih.
Cinta hitam merupakan cinta yang kelam karena menjerumuskan pelakunya pada kepentingan hawa nafsu. Sedangkan cinta putih merupakan cinta yang penuh kelembutan dan kasih sayang karena didasari oleh hakikat kebenaran cinta. Kedua jenis cinta ini dapat dikenali dengan rahasia cinta yang dipaparkan oleh penulis. Kemudian penulis juga mengaitkan kedekatan cinta dengan keindahan dan benci.
Di bab berikutnya, penulis memberikan pemaparan dengan siapa remaja harus menjalin cinta. Dimulai dari prosa tentang cinta lalu menjalin cinta yang paling utama dengan Allah. Setelah itu, menjalin cinta dengan Rasul, orang tua, guru dan sahabat. Penulis juga menjelaskan cara menjalin cinta tersebut baik kiat menjalankan cinta maupun memelihara cinta. Selain itu, penjelasannya juga terkait dengan keuntungan dari menjalin cinta tersebut serta kebaikan yang ada padanya.
Beberapa kisah menarik ikut terselip sebagai contoh konkrit pentingnya menjalin cinta kepada seseorang yang tepat. Tidak lupa juga, penulis memberikan dalil sesuai pandangan Islam terkait menjalin cinta yang benar. Dalil ini menjadi landasan pemikiran sekaligus perilaku dalam menjalin cinta tersebut. Bahkan mengaitkannya terhadap konsekuensi yang harus ditanggung ketika seseorang menjalin cinta.
Pada bab terakhir, tulisan penulis mengajak pembaca untuk segera memutihkan cinta. Cinta yang putih diawali dari memutihkan sang pujaan dan kemaksiatan. Kemudian cinta yang putih bisa diperoleh dengan memelihara kesucian diri. Beberapa poin-poin penting terkait pentingnya memutihkan cinta ikut juga dipaparkan.
Memutihkan sang pujaan harus dilakukan dengan menghadirkan cinta tanpa hubungan emosional. Setidaknya, ada sepuluh bahaya yang dituliskan penulis bisa terjadi ketika seseorang menjalin cinta dengan hubungan emosional. Memutihkan kemaksiatan bisa dilakukan dengan muhasabah atau menyesali dosa kemaksiatan yang pernah diperbuat. Kemudian pembahasan utama tentang pelaku cinta haruslah menjaga kesucian diri.
Sebagai penutup, penulis memberikan pesan kepada pembaca khususnya remaja terkait cinta. Revolusi cinta adalah upaya keras untuk melakukan perbuatan baik yang tidak sembarang orang bisa melakukannya karena dalam melakukannya diperlukan cinta yang luar biasa. Penulis juga menyarankan hendaknya kita mencintai Allah di atas segalanya. Allah adalah cahaya bagi langit dan bumi serta apa-apa yang ada di dalamnya.
Pemaparan yang jelas dan menarik ini membuat saya menilai bahwa buku ini sangat layak untuk dibaca dan dijadikan referensi untuk siapapun. Dalil dan kisah penting yang disertakan juga sangat relevan dengan pembahasan dan kondisi saat ini. Buku ini juga bisa menjadi pelengkap buku-buku remaja lainnya. Semoga ringkasan buku Hitam Putih Cinta Remaja ini bermanfaat.

Komentar

  1. Semoga banyak remaja kita yang membacanya...

    BalasHapus
  2. Buat ngisi kajian remaja bagus ya kak?

    BalasHapus
  3. Bagus ya isi bukunya. Bisa juga sebagai 'pegangan' para orang tua dalam membersamai putra putrinya yang jelang remaja... 👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

EOA GOLD, Investasi Emas Dunia Akhirat

Mengenal Sereal Umbi Garut, Manfaat, dan Cara Mengonsumsi

Unlogic Birth dalam Al Quran