Penting, Ini 5 Tanda Siap Nikah

Tanda siap nikah ini bisa menjadi salah satu tolak ukur sebelum sebuah keputusan besar diambil. Apalagi keputusan terkait hubungan pernikahan yang penuh tanggung jawab. Banyak orang yang memutuskan menikah atau menunda menikah karena berbagai alasan. Mulai dari mengejar impian, karir, hingga belum menemukan pendamping hidup yang cocok.

Padahal, alasan tersebut sebenarnya hanyalah kamuflase. Terlebih, ketika sudah ditemukan 5 tanda siap nikah berikut ini.

1. Siap berkompromi

Siap berkompromi menjadi tanda pertama kalau seseorang sudah siap menikah. Berkompromi sering kali dikaitkan dengan kedewasaan dan kesehatan mental. Siap berkompromi berarti kamu siap menerima hal lain yang berbeda dari kehidupan biasanya. Misalnya, tidak mudah tersinggung dengan ucapan yang kurang berkenan di hati, mudah beradaptasi dengan kondisi dan situasi di segala lingkungan, serta menerima hasil yang tidak sesuai ekspektasi dengan ikhlas.

2. Mengenali diri sendiri

Mengenali diri sendiri secara utuh menjadi salah satu tanda siap nikah. Mengenali diri sendiri menjadi pintu untuk memahami kelebihan dan kekurangan diri. Terutama saat menghadapi masalah dalam menjalani kehidupan. Selain itu, mengenali diri sendiri juga terkait dengan kondisi fisik yang berhubungan dengan kesehatan tubuh.

3. Matang secara usia

Usia memang menjadi salah satu syarat menikah di Indonesia. Berdasarkan UU Nomor 1 Tahun 1974 syarat menikah yakni mempelai berusia lebih dari 21 tahun. Usia 21 tahun disebut dengan usia matang karena pada usia ini tubuh berhenti tumbuh dan menjadi dewasa. Hormon pada tubuh juga mulai stabil dengan kematangan emosi dan kemampuan kerja menuju masa untuk bereproduksi.

4. Mulai mengurangi pengeluaran yang tidak penting

Tanda siap nikah berikutnya yakni mulai mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Hal ini bukan berarti sedang berhemat atau menabung untuk membeli sesuatu yang diinginkan nantinya. Namun, hal ini berarti mulai munculnya kesadaran pengelolaan keuangan. Umumnya dikenal sebagai siap finansial. Seseorang yang siap finansial akan mulai berhitung terkait pendapatan dan pengeluaran yang efektif.

5. Memiliki pandangan menjadi orang tua

Menikah juga berarti siap dengan kehadiran anak. Seseorang yang sudah memiliki pandangan menjadi orang tua berarti telah siap memulainya melalui hubungan pernikahan. Beberapa cirinya, yaitu telah mengetahui cara merawat anak sesuai tumbuh kembangnya, membagi peran antara suami dan istri, serta mengatur aktivitas sehari-hari.

Tanda siap nikah di atas mestinya juga diimbangi dengan kesiapan ilmu seputar pernikahan. Oleh karenanya, edukasi pranikah sangat penting. Edukasi pranikah mampu meningkatkan kualitas dan keharmonisan dalam pernikahan. Selain itu, edukasi pranikah juga mampu menjadikan hubungan pernikahan lebih baik dan saling menerima.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EOA GOLD, Investasi Emas Dunia Akhirat

Mengenal Sereal Umbi Garut, Manfaat, dan Cara Mengonsumsi

Unlogic Birth dalam Al Quran