Seperangkat Sabar

Sabar itu berat! Lebih berat dari rindu Dilan kepada Milea, bahkan bisa jutaan kali lipatnya. Pembelajarannya lama tapi ujiannya setiap saat. Makanya hadiah sabar adalah surga. Seperti firman Allah subhanahu wa ta’alana berikut.
“Mereka itu akan diberi balasan dengan tempat yang tinggi (dalam surga) atas kesabaran mereka.” (QS Al-Furqan:75).
Bagiku, sabar menjelma dalam sosok orang tau. Segala tingkah laku dan tumbuh kembang kita tidak lantas membuat mereka marah atau membenci kita. Sabar, begitulah katanya. Lalu dengan sabarnya selalu memaafkan kita dan mendatangkan kesempatan baru lagi ini.
Sementara arti sabar untukku, yaitu ikhlas membiarkan cemooh orang-orang datang karena ketidakjelasan pekerjaanku atau menahan dalam penantian dipertemukan dengan pasangan hidupku. Sabar. Setiap kali hati ini berontak, kata ajaib itu tidak pernah absen terucap.
Begitulah rupanya Allah menghadirkan masalah untuk membuat kita kuat dan menguji seberapa sabar kokohnya hati ini tetap berikrar pada agama-Nya. Bukan hanya itu, kesabaran ini juga seperti seperangkat dengan konsekuensi keimanan yang secara sadar kita pilih. Bisa jadi layaknya kesimpulan dari pembahasan panjang.
Tidak akan rugi orang-orang yang mampu mempertahankan sabar itu. Dan, tidak menjadi hal sia-sia bagi orang yang selalu melatih diri dari kesabaran itu. Bilalah sabar adalah bukti cinta biarkan secara tulus datangnya dari hati. Apabila sabar merupakan upaya mengungkapkan cinta maka ciptakan bersama konspirasi alam semesta.
Jiwa-jiwa sabar tidak akan pernah sendiri. Tidak akan pernah. Insyaa Allah selalu dibersamai, asalkan percaya dan yakin pada segala anugerah-Nya. Percaya kepada Sang Maestro Penciptaan sejati yang tidak pernah ingkar janji bahwa nikmat kemudahan akan hadir seperangkat dengan kesulitan dan nikmat kelapangan akan muncul seiring kepemilikan seperangkat sabar.
Dari yang tidak ingin menyerah dalam sulit dan cemoohan..

Komentar

  1. Sabar itu sebuah kata sederhana yang ternyata berat..
    Terima kasih pengingatnya mbak 😍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

EOA GOLD, Investasi Emas Dunia Akhirat

Mengenal Sereal Umbi Garut, Manfaat, dan Cara Mengonsumsi

Unlogic Birth dalam Al Quran